author image

PKH Kota tegal menjadi peserta PKH pada tahun 2015 yang beralamat di kantor Dinas Sosial Kota Tegal, tepatnya dijalan Sipelem No. 2 Kemandungan Kota Tegal. Kami menjalankan proses bisnis PKH sesuai dengan aturan dari Kementrian Sosial RI untuk wilayah Kota tegal.

25 April 2017

Gandeng Puskesmas, Pendamping Kecamatan Tegal Timur Gelar Sosialisasi Hidup Sehat

dr. Yvone mengisi acara P2K2 di kecamatan tegal timur
dr. Yvone memberi pengarahan P2K2 di kecamatan tegal timur
TEGAL -- Sebagai upaya meningkatkan kesadaran hidup sehat dalam keluarga, PKH Tegal Timur bekerja sama dengan Puskesmas setempat mengadakan Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Hidup Sehat dalam Keluarga. Acara yang diselenggarakan pada Selasa (25/4) ini menghadirkan dr. Yvone dan dr. Luluk selaku Kepala Puskesmas Slerok dan Tegal Timur sebagai narasumber. Dalam kesempatan ini hadir 72 orang perwakilan dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari bantuan Program Keluarga Harapan Kecamatan Tegal Timur.

"Ini adalah salah bentuk komitmen dan dukungan kita untuk menciptakan masyarakat yang sehat. Sehat badannya, sehat pula jiwanya," ujar Noverdi Afrian selaku Kordinator Kecamatan dalam sambutannya. Lebih lanjut Noverdi berharap agar peserta yang hadir dapat menjadi contoh pelaku hidup sehat bagi anggota kelompok PKH masing-masing. Selain itu diharapkan semua anggota PKH juga bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Sehingga perubahan perilaku hidup sehat di masyarakat dapat terwujud lebih cepat.

Mencegah Timbulnya Persoalan Kesehatan melalui Perilaku

KPM Peserta acara P2K2
KPM Peserta acara P2K2
"Perilaku adalah faktor penyebab terbesar dari persoalan kesehatan," ungkap dr. Luluk dalam sesi diskusi panel. Beliau memaparkan bahwa beberapa penyakit pada dasarnya berawal dari perilaku hidup yang salah, seperti merokok, tidak menjaga kebersihan, makan sembarangan, minum minuman keras, mengonsumsi narkoba, dan lain-lain. Efeknya bisa langsung mengenai diri sendiri, atau bisa juga mengenai orang-orang terdekat.

Dalam kesempatan yang sama, dr.Yvone juga turut menyampaikan beberapa bentuk pencegahan terhadap penyakit-penyakit tertentu seperti HIV, Hepatitis, Meningitis, Diabetes, Campak, dan lain-lain. Beberapa jenis penyakit tersebut dapat dicegah melalui vaksinasi dan peningkatan perilaku hidup sehat sejak dini. Diskusi pun berjalan cukup dinamis dengan sharing persoalan kesehatan dari peserta serta tips-tips hidup sehat dari narasumber.

Foto bersama perwakilan dari dinsos, PKH, pusmesmas dan KPM
Foto bersama perwakilan dari dinsos kota tegal, pendamping PKH, puskesmas dan KPM

(Rep: Noverdi Afrian)

No comments:

Post a Comment